Jumat, 18 September 2009

Program Perjuangan DPC PIS Kota Lubuklinggau





Politksaman.com berikut adalah RASIONALISASI 7 RROGRAM AMANAT PERJUANGAN PARTAI INDONESIA SEJAHTERA (PIS) Kota LUBUKLINGGAU yang merupakan arah kerja para anggota dan DPRD dari PIS. hal ini merupakan refrensi dari kondisi Geopolitik kota Lubuklinggau.

Dalam sejarah panjang demokrasi diseluruh dunia, tidak bisa dipungkiri bahwa syarat-syarat dalam membentuk sebuah tatanan masyarakat yang sejahtera secara universal haruslah melalui sebuah perjuangan politik. Dimana syarat-syarat pembentukan tatanan tersebut harus dengan merebut sebuah kekuasaan politik agar semua program politik yang merupakan garis besar haluan perjuangan akan terealisasi. Dengan sistem demokrasi yang kita anut dinegara ini, maka perjuangan politik dan perebutan kekuasaan haruslah melalui sebuah lembaga yang efektif dalam mengakomodir aspirasi rakyat yaitu PARTAI POLITIK.

Partai politik sebagai sebuah lembaga perebutan kekuasan mestilah menjadi sebuah sekolah politik dan ekonomi bagi rakyat bukan menjadi MESIN PEMILU yang setiap pesta demokrasi selalu menjual mimpi-mimpi dengan janji-janji kosong setelah berhasil membohongi konstituen (rakyat), kemudian mereka diabaikan. Karena itu partai politik yang mampu mengakomodir aspirasi rakyat harus memiliki sebuah program perjuangan sebagai rel perjuangan guna mengukur keberhasilan partai dan kadernya dalam menjalankan amanat rakyat sebagai juru bicara rakyat di parlemen maupun di lembaga-lembaga daerah, sehingga mampu membawa perubahan yang signifikan dalam mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat.

Sebab itu kenapa kami tekankan bahwa Partai Indonesia Sejahtera (PIS) merupakan sekolah politik bagi rakyat, dimana rakyat berhak mendapatkan pangajaran ilmu-ilmu politik agar menjadi pemimpin-pemimpin dan politisi handal kelak. PIS menyadari betul tanpa memberikan pendidikan kepada pengurus, kader, simpatisan dan rakyat. Maka PIS tidak akan di cintai dan difahami sebagai partai politik yang modern, serta program-program perjuangannya tidak akan pernah ter-realisasikan. Dan tentunya PIS tidak akan mampu mencetak tokoh-tokoh politik handal yang pro terhadap rakyat dan ideologis.

Melalui buku saku rasionalisasi program perjuangan Dewan Pimpinan Cabang Partai Indonesia Sejahtera (DPC PIS) kota Lubuklinggau ini kami pimpinan dan jajaran BAPILU (Badan Pemenangan Pemilu) PIS berharap dapat membantu pengurus, kader dan simpatisan memahami arah juang dan program perjuangan PIS guna mewujudkan kesjahteraan rakyat. Hendaklah kiranya seluruh jajaran kepengurusan, kader, tim-tim sukses Caleg dapat memahami semua rasionalisasi 7 program perjuangan PIS Kota Lubuklinggau ini dan menjelaskan, mengkampanye-kannya seluas-luas mungkin melalui acara-acara formal maupun non formal kepada rakyat. Agar mereka dapat memahami bahwa PIS tidak pernah menjual janji, tapi mengajak rakyat untuk bergabung dan berjuang bersama Partai Indoensia Sejahtera (PIS) mewujudkan sebuah tatanan masyrakat yang lebih baik kedepan dengan bersama-sama merealisasikan 7 program PIS kota Lubuklinggau dengan menjadi kader-kader PIS duduk di Legislatif kota Lubuklinggau.

Demikian semoga seluruh jajaran partai dari DPC hingga struktur ranting dan seluruh jajaran BAPILU dan tim-tim sukses Caleg mampu memahami 7 Program perjuangan ini sebagai modal dan materi pendidikan politik bagi rakyat. Mari kita ajarkan rakyat bagaimana berpolitik secara benar, mari kita sosialisasikan 7 program perjuangan, mari kita rebut hati rakyat dengan mengajak mereka bergabung bersama kita. Selamat berjuang…pastikan kita menang.



Ketua DPC PIS kota Lubuklingau
Dto

EDWAR ANTONI









7 PROGRAM DAN AMANAT PERJUANGAN PIS
PROGRAM UTAMA YANG AKAN MENJADI AGENDA PERJUANGAN
KADER PIS DIDALAM PARLEMEN MAUPUN EKSTRA PARLEMEN
……………….
1. REALISASIKAN (LAKSANAKAN) SEKOLAH GRATIS DAN BEROBAT GRATIS
2. PERBAIKAN KESEJAHTERAAN KETUA RT DENGAN MENAIKKAN HONOR KETUA RT SESUAI UMP (UPAH MINIMUM PROVINSI)
3. TINGKATKAN KESEJAHTERAAN HONORER, GURU, DAN TENAGA PENDIDIKAN BAIK UMUM MAUPUN AGAMA (GURU NGAJI dsb)
4. MENDUKUNG PEMERINTAH DALAM MENJALANKAN PEMBERANTASAN KORUPSI
5. MEMPERJUANGKAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KAUM BURUH TERUTAMA BURUH TOKOH DAN PERHOTELAN
6. MEMPERJUANGKAN MODAL, TEKNOLOGI PERTANIAN MODERN UNTUK KAUM TANI
7. MEMPERJUANGKAN PERLUASAN LAPANGAN PEKERJAAN DAN BANTUAN MODAL BAGI KAUM MUDA, PEDAGANG KAKI LIMA DAN RAKYAT MISKIN

LUBUKLINGGAU, 20 SEPTEMBER 2008
KETUA BAPILU PIS KOTA LUBUKLINGGAU
Dto

RADEN SYAILENDRA, SE




RASIONALISASI :


1. REALISASIKAN SEKOLAH GRATIS DAN PENDIDIKAN GRATIS
Sekolah gratis merupakan sebuah keharusan yang mesti didapat oleh rakyat Kota Lubuklinggau, selain karena janji politik dari para kandidat pemimpin daerah dari walikota hingga Gubernur Sumatera Selatan, maka se-wajibnya kita sebagai partai politik yang merupakan wadah aspirasi rakyat dan alat perjuangan politik rakyat untuk memastikan program sekolah gratis dan kesehatan/berobat gratis bukan sekedar sebuah janji oleh elit-elit politik yang telah menduduki jabatannya setalah pada pilkada lalu berjanji kepada rakyat dengan mengkampanyekan program ini.

Saat ini juga jika kita mengaju pada program wajar (wajib Belajar) 9 tahun, maka sebenarnya rakyat telah mendapatkan pendidikan gratis hingga SMP (sekolah Menengah Pertama), namun sosialisasi dan penerapannya masih belum maksimal. Jadi untuk SMA (sekolah Menengah Atas) tentunya bukan hal yang sulit lagi, apalai sudah ada bantuan seperti BOS (Biaya Operasional Sekolah), dana alokasi Umum (DAK) dan bantuan anggaran APBD daerah yang mencapai 20 % tentunya bukan hal yang sulit untuk mewujudkan itu. Tinggal mental para pejabatnya yang harus dibenahi.

Hal ini juga merupakan sebuah program yang kita anggap sebagai bagian dari program perjuangan kita dalam membenahi kehidupan sosial dan politik didaerah kita. Kenapa kita menganggap program ini merupakan program yang cerdas dan baik ?. karena bila kita kaji dengan pendapatan MIGAS dan LNG serta Hasil Sumber Daya Alam kita, perkebunan dan hasil pajak barang dan jasa maka hal ini bukan sebuah jargon atau mimpi disiang bolong, karena itu kita sebagai partai modern yang faham akan arti sebuah program politik dan dekat dengan rakyat akan mengangkat program ini menjadi sebuah amat yang akan kita perjuangkan.


2. PERBAIKAN KESEJAHTERAAN KETUA RT DENGAN MENAIKKAN HONOR KETUA RT SESUA DENGAN UMP DAN KHM (Kebutuhan Hidup Minimum) KOTA LUBUKLINGGAU

Kenapa PIS memprioritaskan peningkatan kesejahteraan Ketua RT sebagai program perjuangan kita, karena ini adalah salah satu bentuk terima kasih kita sebagai Partai Politik
atas ke-uletan para ketua RT ini dalam menjalankan kerja sosial misalnya dalam mengumpulkan pajak PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang merupakan income (pendapatan)

Asli daerah (PAD) coba bayangkan jika hal ini diabaikan oleh mereka. Tentunya pembangunan kota Lubuklinggau sebagai kota Barang dan Jasa tidak akan mampu menopang semua kebutuhan anggaran perbaikkan dan peningkatan fasilitas umum seperti jalan, kantor pemerintah dsb.

Belum lagi masalah gejolak sosial seperti perceraian, pernikahan, dan konflik-konflik lainnya, ketua RT lah yang lebih awal harus menyelesaikannya. Belum lagi pendataan rakyat miskin untuk BLT, pendataan penduduk untuk askeskin (asuransi keluarga miskin), pengajuan usulan pembangunan (usulan proyek), begitu berat dan banyak beban yang mesti dipikul oleh ketua RT sebagai ujung tombak pendapatan daerah dan para penanggulangan dini atas konflik sosial. Coba bayangkan jika hal ini tidak dijalankan atau para ketua RT melakukan hal yang negatif mengabaikan fungsi dan tugasnya ? tentunya kekisruhan sosial akan terjadi, data base penduduk akan carut marut, pertikaian antar warga tidak akan reda.

Berdasarkan itu PIS menyimpulkan akan memperjuangkan perbaikkan nasib para martir pembangunan dan ujung tombak pendapatan daerah sekaligus para pawang penanggulan dini konflik sosial ini dengan meningkatkan kesejahteraannya sesuai dengan ump dan KHM (kebutuhan Hidup Minimum) berapa besarnya ? tentu akan kita pastikan setelah para Kader PIS terpilih menjadi legislatif. KHM yang terus berkembang sesuai kondisi ekonomi Indonesia selayaknya PIS maupun pemerintah memikirkan hal ini.

PIS menyerukan kepada kader-kadernya untuk terus mensosialisasikan hal ini, apa gunanya program ini kita tawarkan secara luas jika para Ketua RT tidak memahami maksud dan tujuan kita. Tugas RT untuk mengayomi minimal 200 KK juga memastikan kondisi keamanan (kondusif), memastikan kewajiban rakyat untuk membayar pajak dan menjaga etika serta masalah kemasyarakatan dan agama. Haruslah juga mendapatkan keadilan dengan kewajiban pemerintah menjamin kesejahteraannya.


3. TINGKATKAN KESEJAHTERAAN HONORER, GURU, DAN TENAGA PENDIDIKAN BAIK UMUM MAUPUN AGAMA (GURU NGAJI dsb)

Honorer, guru/tenaga pendidik umum maupun agama seperti guru ngaji merupakan elemen profesi yang memiliki peran penting dalam menunjang kelangsungan pemerintahan, mendidik para anak bangsa baik dalam ilmu pengetahuan, moral hingga agama. Tentulah amat vital dan urgent, honorer yang mendapatkan upah dibawah rata-rata justru mendapatkan beban tanggung jawab yang sama dengan mereka yang telah diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) bahkan hal-hal yang rumit dan melelahkan sering kali menjadi tanggung jawab mereka, namun kemudian kesejahteraan mereka terus terabaikan, meski banyak keluh, kesah mereka yang mencuat kepermukaan.

Masalah tenaga pendidik pun demikian, pengabdian mereka dalam mencerdaskan para penerus bangsa, anak-anak bangsa selalu dihadapkan dengan tuntutan mendesak kebutuhan ekonomi mereka. Kesejahteraan dan gaji yang tidak mencukupi merupakan masalah klasik yang hingga saat ini terus menjadi polemik, padahal dengan perkembangan dan peningkatan PAD kita tentunya hal ini tidak terjadi setidaknya ada sebuah harapan bagi mereka untuk terus berjuang mencerdaskan anak-anak Negara. Seperti hal uang makan, uang THR, uang akomodasi dan kebutuhan-kebutuhan normative mereka dalam anggaran APBD jangan dipangkas seperti selama ini oleh anggota DPRD. Tentunya dengan perbaikan dan peningkatan kesejahteraan ini, peningkatan kualitas pendidikan anak-anak kita akan lebih terjamin.
PIS beranggapan kebutuhan normative para honorer dan tenaga pendidik ini harus mendapatkan perhatian besar oleh pemerintah guna menyelesaikan ketimpangan sosial yang ada saat ini, ditambah lagi krisis global yang kian mencekik leher rakyat. PIS dengan sekuat tenaga dan upaya jika kadernya menjadi anggota DPRD akan memberikan kontribusi yang besar dalam memperjuangkan nasib mereka, karena hal ini adalah sebuah keharusan jika kita akan menghadapi persaingan global yang kompetitif.

Kenapa kesejahteraan mereka harus diperjuangkan? karena selama ini mereka adalah bagian dari instrument daerah yang penting dalam membangun dan mencetak kualitas daerah menuju kota yang modern dan sejahtera. Tanpa perbaikkan kesejahteraan mereka sebuah perubahan mendasar didaerah ini akan sulit terwujud.



4. MENDUKUNG PEMERINTAH DALAM MENJALANKAN PEMBERANTASAN KORUPSI
Sebagai bukti komitmen para kader PIS yang kebanyakan konsen dalam pergulatan politik untuk membanguan god government (Pemerintahan yang baik) dan clean government (pemerintahan yang bersih) maka perlulah kira PIS mempertegaskan bahwa semua perjuangan yang telah dilakukan oleh para kadernya dalam melawan korupsi harus mendapat dukungan yang luas, terutama dalam tubuh partai PIS sendiri.

PIS beranggapan korupsi merupakan salah satu bentuk penyakit sosial dan kejahatan yang mesti dibasmi keakar-akarnya, kenapa ? karena korupsi atau mencuri uang uang Negara untuk kepentingan diri sendiri atau kekayaan haruslah mendapat hukum yang berat. Uang Negara merupakan uang yang didapat dari pajak hasil pendapatan rakyat, pajak bumi dan bangunan, pajak kendaraan dsb semestinya digunakan untuk perbaikan kesejahteraan rakyat, bukan untuk kekayaan pribadi. Bayangkan berapa banyak kebutuhan dan perbaikan kesejahteraan rakyat terhambat bahkan terputus karena dananya dikorupsi, bagaimana kita akan menghadapi krisis ini, bagaimana kita akan melakukan perbaikkan taraf kualitas hidup jika uang yang dikumpulkan dari keringat rakyat yang mestinya untuk perbaikan kesejahteraan dan pembangunan fasilitas umum gagal gara-gara satu orang atau oknum dengan sindikatnya.

Karena itui PIS amat mendukung pemberantasan korupsi, karena itu harus dimulai dari hal yang terkecil, dari rumah kita sendiri dan dari partai kita sendiri. Karena korupsi merupakan musuh yang paling besar dan dekat dengan diri kita, karena itu mari kita berbenah diri. Jangan hancurkan masa depan bangsa dan rakyat dengan korupsi.


5. MEMPERJUANGKAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KAUM BURUH TERUTAMA BURUH TOKO DAN PERHOTELAN
Lubuklingau sebagai kota barang dan jasa meruapkan kota transit yang akan menyiapkan semua fasilitas dan pelayanan untuk para tamu daerah karena posisinya yang strategis. Dengan peningkatan pelayanan dan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana-nya tentunya pendapatan daerah akan meningkat pula seiring dangan hal ini. Namun alangkah naifnya, jika para kaum buruh terutama buruh took dan perhotelan sebagai garda utama dalam memberikan pelayanan dan kesan yang baik bagi daerah malah tidak mendapatkan perhatian sama sekali.

Hal ini telah berlangsung berpuluh-puluh tahun, bahkan hak normative mereka seperti standarisasi gaji sesuai dengan UMP, jaminan asuransi dan hak-hak lainnya banyak terabaikan. Dan seolah-olah tidak terjadi apa-apa, padahal banyak sekali kasus perburuhan di kota Lubuklinggau yang tidak terselesaikan sesuai dengan undang-undang perburuhan.

Melihat hal ini disatu sisi kota Lubuklinggau memerlukan upaya untuk pembangunan citra sebagai kota transit yang dengan mengandalkan penjualan barang dan jasa, artinya para marti pembangun citra daerah ini mesti mendapatkan jaminan peningkatan kesejahteraan mereka dengan memperhatikan dan memastikan mereka mendapatkan perlakukan yang baik dan upah sebagaimana keputusan pemerintah dalam menetapkan UMR (upah Minimum Regional) maupun UMP (Upah Mininimum Provinsi). Jangan ada lagi upah para buruh took dan perhotelan ini dibawah UMR, dan jangan ada lagi penghisapan yang dilakukan dengan mengabaikan kewajiban perusahaan terhadap semua instrument pendukung kesejahteraan mereka seperti Jamsostek dan jaminan cuti.

PIS berharap dengan dukungan para kaum buruh toko dan perhotelan ini yang jumlahnya cukup lumayan sebagai kota transit, PIS akan memperjuangkan penderitaan mereka karena kami faham merekalah duta-duta daerah yang akan menjadi tokoh utama dalam membangun pencitraan kota ini dan meraup dolar untuk pendapatan daerah.


6. MEMPERJUANGKAN MODAL, TEKNOLOGI PERTANIAN MODERN UNTUK KAUM TANI
Problematika kaum tani kita saat ini adalah bagaimana membuat lahan-lahan tidur dan lahan-lahan yang kecil menjadi produktif dan dengan hasil yang berlimpah ruah. Selama ini banyak orang beranggapan masalah kaum tani adalah tanah. Bagi PIS tidak, karena banyak tanah-tanah tidur didaerah ini yang tidak produktif. Bahkan banyak para kaum tani yang memiliki lahan justru tidak menghasilkan apa-apa.

Permasalahan kaum tani adalah bagaimana mendapatkan modal, teknologi pertanian modern dari pemerintah. Apalagi dikota Lubuklinggau lahan pertanian amat terbatas dan sempit. Lalu bagaimana ? MODAL yang kita disini bukan hanya berupa uang, tanah dsb tapi ilmu pengetahuan tentang pertanian yang luas. Baik bercocok tanam yang benar hingga beternak yang baik, kemudian setelah mendapat ilmu pengetahuan dengan baik dan jelas maka diberikan teknologi pertanian yang berguna untuk meningkatkan produktivitas hasil panen kaum tani serta solusi-solusi tentang permasalah kaum tani misalnya tentang keterbatasan lahan dan tata cara bercocok tanah modern dengan hasil panen yang melimpah ruah hingga penelitian bersama untuk pembuatan pembibitan, penanggulangan hama dan pemasaran hasil panen mereka.
Karena untuk apa hasil panen yang berlimpah, jika dihargai dengan murah. Untuk apa lahan yang luas jika hanya menghasilkan kualitas yang rendah. Karena itu modal, teknologi pertanian modern tersebut adalah program satu kesatuan dimana pemerintah harus memberikan fasilitas yang luas dan massal untuk kaum tani, mulai dari modal (materi, lahan, ilmu pengetahuan), memberikan fasilitas teknologi pertanian modern (sarana dan prasarana pertanian hingga kepengelolaan koperasi). Dimana setelah modal telah dapat, maka bagaimana pemerintah memberikan kemudahan bagi kaum tani untuk meningkatkan dan memastikan bahwa lahan mereka produktif yaitu dengan suplai sarana dan prasarana pertanian yang modern dan ilmu pengetahuan yang tepat dalam penyediaan pembibitan, perawatan hingga panen setelah itu untuk menjaga hasil pertanian mereka agar mendapatkan harga yang layak dan stabil diperlukan sebuah koperasi yang berkerjasama dengan pemerintah untuk menampungnya.

Karena itu PIS amat yakin bahwa dengan memberikan perhatian yang jelas, dimana banyak program pertanian dan bantuan modal untuk kaum tani hanya seremonial belaka, hanya ada dimedia namun sulit untuk melangkah. Dengan metode dan program ini, PIS amat yakin permasalahan kaum tani akan terselesaikan.

7. MEMPERJUANGKAN PERLUASAN LAPANGAN PEKERJAAN DAN BANTUAN MODAL BAGI KAUM MUDA, PEDAGANG KAKI LIMA DAN RAKYAT MISKIN

Perluasan lapangan pekerjaan dan bantuan modal bagi kaum muda, pedagang dan rakyat miskin merupakan sebuah keharusan untuk menumbuh kembangkan ekonomi daerah. Selama ini perluasan modal dan milyaran rupiah bantuan yang diberikan pemerintah dan instansi terkait hanya seperberapanya yang memenuhi sasaran, bahkan banyak bantuan modal jatuh ketangan orang yang salah. Akhirnya pertumbuhan dan perbaikan ekonomi nol besar

PIS akan memperjuang hal ini dan memastikan bahwa bantuan modal untuk para pedagang serta perluasan lapangan pekerjaan melalui pelatihan-pelatihan dibalai pelatihan kerja pemerintah benar-benar tepat sasaran dan jatuh kepada rakyat miskin yang membutuhkan. Program ini sebetulnya sinergis dengan program pemerintah, namun tanpa kontrol yang kuat oleh partai politik dan rakyat, kecurangan dan kesalahan pengunaan pasti akan terjadi, seperti banyaknya tunggakan uang koperasi oleh oknum-oknum tertentu yang digunakan untuk kepentingan pribadi.

Selain itu PIS juga akan mendesak pemerintah untuk memberikan jaminan bagi kaum muda dan rakyat miskin mendapatkan bantuan modal dan pelatihan keterampilan untuk menciptakan perluasan lapangan pekerjaan yang mandiri dan luas.

Demikian rasionalisasi (penjabaran) 7 program dan amanat Partai Indonesia Sejahtera (PIS) secara garis besar dan untuk menyempurnakannya BAPILU berharap kepada seluruh caleg dan kader PIS untuk lebih dalam mendiskusikannya. Selamat berjuang, harus menang…!!!!

TTD
RADEN SYAILENDRA, SE ( KETUA BAPIILU PIS LUBUKLINGGAU)

0 komentar:

Posting Komentar

KONSENSUS

OPINI

  • Kaca Benggala: Sumpah Palapa - Oleh: Agus Jabo Priyono*) Ibarat pepatah, sebagai sebuah bangsa kita sedang berlayar dengan perahu besar, melawan gelombang liar. Dikurung langit yang tla...
    14 tahun yang lalu

BERANDA

PUISI & SASTRA